Kapolda Bali Resmikan Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi Sim

Polda Bali - Gedung Satuan Penyelenggara Adminstrasi SIM (Satpas) dan lapangan uji praktek Polresta Denpasar di Jalan Gunung Guntur, Padangsambian, Denpasar Barat mulai beroperasi Jumat (17/3). Gedung yang menghabiskan anggaran mencapai Rp 15,7 miliar tersebut langsung diresmikan Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose yang ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis dari Kapolda Bali kepada Kapolresta Denpasar, penandatanganan prasasti serta gunting pita.

Direktur Direktur Lalu Lintas Polda Bali Kombes Pol. A.A. Made Sudana, S.H.,S.IK. dalam laporannya menyebutkan pembangunan gedung Satpas SIM serta uji praktek tersebut menggunakan DIPA Ditlantas Polda Bali tahun anggaran 2016. Proyek pembangunan dilakukan selama 120 hari kalender terhitung sejak 24 Agustus hingga 21 Desember 2016. “Diharapkan melalui pembangunan gedung satpas SIM dan lapangan uji praktek Polresta Denpasar dapat mendukung peningkatan kinerja Polri serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar mantan Kabid Humas Polda Bali ini.

Kapolda Bali dalam sambutannya mengatakan keberadaan gedung Satpas akan mampu mewujudkan keinginan masyarakat di bidang pelayanan SIM, karena gedung ini dibangun dengan sistem yang sangat modern, dan termegah sepanjang sejarah pembangunan gedung yang ada di Polda Bali. Pembangunan gedung Satpas SIM dan lapangan uji praktek sangat mendukung tugas pokok Polri dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam melayani penerbitan dan perpanjangan SIM, khususnya di Polresta Denpasar. “SIM online sudah terintegrasi di 47 Satpas online di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat semakin mudah dan nyaman dalam mengurus SIM,” ungkap jenderal bintang dua asal Manado ini.

Lebih lanjut Kapolda bali mengungkapkan bahwa bangunan gedung Satpas SIM Polresta Denpasar yang lama kondisinya sudah rusak berat dan tidak memenuhi persyaratan layak pakai ditinjau dari usia bangunan, daya tampung pemohon SIM, kekuatan konstruksi, pemenuhan fungsi ruang, tata ruang, sirkulasi ruang, fasilitas, peralatan dan meubelair. Usai meresmikan gedung Satpas dan lapangan uji praktek, Kapolda Bali beserta undangan yang hadir, meninjau setiap ruangan yang ada di dalam gedung tersebut.

 Hadir dalam acara tersebut yaitu Perwakilan dari Kakorlantas Polri Kombes Pol. Drs. Benyamin, Pejabat Utama Polda Bali, Ketua Bhayangkari Daerah Bali, Kapolresta Denpasar, Kapolres Jajaran Polda Bali, Pejabat Teknis PU Provinsi Bali, Pimpinan Bank BRI Cab. Gajah Mada, Pimpinan Dukcapil Kodya Denpasar, Pimpinan PT. Telkom Provinsi Bali, Konsultan Perencana CV. Rajaya Rekayasa, Konsultan Pengawas CV. Bina Bwana Wisesa, dan Kontraktor PT. Karya Nirmala.