Polres Tabanan Amankan Lomba Layang - Layang Gangga Kite Festival I.

10 September 2023 19:44:01 Wita | 118 views
Gambar

Bertempat di Pantai Yeh Gangga, Ds. Sudimara, Kec/Kab. Tabanan, Minggu ( 10/9/2023 ) pukul 09.00 s/d 16.00 wita berlangsung giat lomba layang-layang Gangga Kite Festival I. 


Lomba layang - layang Gangga Kite Festival I dihadiri oleh, Anggota DPRD Provinsi Bali I Ketut Purnaya,S.Sos, Ketua DPRD Kab. Tabanan I Made Dirga,S.Sos, Sekda Tabanan Dr. I Gede Susila,S.Sos, M.Si mewakili Bupati Tabanan, Perbekel Desa Sudimara, Bendesa Adat Yeh Gangga, Kawil Banjar Yeh Gangga, Kelian Adat Banjar Yeh Gangga, Ketua Peserta Yeh Gangga Kite Festival I Komang Adi serta peserta lomba layang-layang berjumlah 425 dengan jenis bebean plastik, janggan buntut plastik, janggan, Pecukan dan bebean kain. 


Untuk Pengamanan Polres Tabanan menerjunkan 26 personil gabungan beberapa fungsi ( Samapta, Lantas, Reskrim, Intel dan Bhabinkamtibmas ) sebelum pelaksanaan pengamanan terlebih dahulu personil melaksanakan apel dipimpin oleh Kasat Binmas AKP I Nengah Widia, S. H., M.H, adapun penekanan AKP Widia antara lain, bahwa kita sudah sering melaksanakan pengamanan Festival Layang-Layang, SOP dan CB kita samakan dengan pengamanan sebelumnya, kita dalam pengamanan ini  bersinergi dengan TNI (Babinsa) dan Pecalang. 

Laksanakan tugas sesuai plotingan dalam Sprin dan para Padal agar kendalikan betul anggotanya di lapangan, apabila ada hal yang menonjol segera laporkan secara berjenjang untuk kemudian kita ambil langkah-langkah penanganan. 


Adapun sambutan Bupati Tabanan yang dibacakan oleh Sekda Tabanan, pada intinya saya atas nama pribadi dan Pemkab Tabanan menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada generasi muda, memprakarsai penyelenggaraan kegiatan lomba layang-layang ini. 

Lomba ini sangat baik dilaksanakan dengan menampilkan tradisi, budaya dan kearifan lokal kita. Sebagai langkah untuk memperkenalkan Desa Sudimara yang indah alamnya dengan pantai Yeh Gangganya sudah mulai dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Keindahan alam dan pantainya di Desa Sudimara sebagai anugerah dari Tuhan yang sangat luar biasa. Hal ini patut kita syukuri dan kita jaga untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat di sekitarnya. Kearifan lokal lomba layang-layang sudah dilaksanakan secara konsisten sebagai ajang promosi dan untuk memasarkan potensi dan pariwisata yang ada di Desa Sudimara. Kearifan lokal dan potensi alam dan pariwisata yang tersedia tidak akan berarti apa-apa, kalau tidak digali dan dikembangkan sehingga menjadi potensi saya tarik wisata bagi wisatawan untuk datang menikmati keindahan alam yang ada dan ikut berbaur dengan masyarakat. Langkah melaksanakan lomba layang-layang Gangga Kite Festival I sangat tepat karena ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Sudimara sudah mampu tampil melihat potensi yang ada dan mau berupaya membangun daerahnya untuk lebih maju hal ini sejalan dengan visi Pemkab Tabanan yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM) 


Tentu saya berharap bahwa kedepannya akan ada lagi event-event lain yang bisa dilaksanakan selain lomba layang-layang agar dapat membantu mempromosikan Desa Sudimara sebagai destinasi daerah wisata di Kabupaten Tabanan. 

Kepada anak-anak muda di Desa Sudimara saya berpesan untuk selalu berfikir positif, kreatif dan meningkatkan kualitas diri agar bisa bersaing menjadi yang terbaik. 


Selesai pembacaan sambutan acara dilanjutkan pembukaan lomba  layang - layang secara resmi ditandai dengan menaikkan layangan icon Pantai Yeh Gangga oleh para undangan. 


Ditengah acara perlombaan Kasat Binmas Polres Tabanan  menyampaian pesan-pesan Kamtibmas kepada peserta dan penonton. Giat lomba layang-layang selesai pukul 16.00 wita, berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. 


( Humas Polres Tabanan )