Polres Tabanan Amankan Kirab Pemilu 2024 Dengan Tema "pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa.

19 August 2023 09:07:56 Wita | 30 views
Gambar

Jumat ( 18/8/2023 ) mulai pukul 16.00 wita bertempat di Taman Bung Karno Tabanan Desa Delod Peken, Kec/Kab. Tabanan telah dilaksanakan Kirab Pemilu Tahun 2024 dengan tema "Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa".


Hadir dalam kegiatan tsb antara lain, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali, Bupati Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Kepala Kepolisian Resor Tabanan, Komandan Kodim 1619 Tabanan, Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan, Ketua Pengadilan Negeri Tabanan, Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Ketua Komisi Pemilihan Umum, Kabupaten/Kota Se-Bali (8 orang) Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM (8 orang) Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Se-Bali (8 orang) Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tabanan Camat se-Kabupaten Tabanan (10 orang) Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Tabanan, Ketua MDA Kabupaten Tabanan, Bendesa Adat Kota Tabanan, Ketua KNPI Kabupaten Tabanan, Ketua Kunti Bakti Tabanan, Ketua Peradah Tabanan, Ketua KMHDI Tabanan, Ketua Partai Tingkat Kabupaten Tabanan sebanyak 17 orang. 


Sebelum kegiatan pengamanan, personil Polres Tabanan melaksanakan apel kesiapan pengamanan dipimpin oleh Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukadana, S.H., M.H., yang diikuti oleh personil Polres dan Poksek Tabanan sebanyak 30 orang, adapun arahan dari Kabag Ops Polres Tabanan, saat meminpin  apel menyampaikan hari ini agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Kirab Pemilu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan setelah apel ini agar langsung menempati pos masing-masing sesuai dengan Sprin dan dalam melaksanakan pengamaan tetap sesuai dengan SOP, bersikap simpatik. 


Adapun  susunan kegiatan Kirab Pemilu 2024, bertempat di depan taman Bung Karno Tabanan berlangsung pergelaran Marchingband POLTRADA Bali, pergelaran Tari Kebesaran Kabupaten Tabanan Tari Jayaning Singasana Aum, Pembukaan Oleh MC, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di ikutin oleh Peserta, undangan dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan Kirab Pemilu 2024 dan dilanjutkan Jingle Pemilu 2024 (DUTA DEMOKRASI) Kemudian dilanjutkan doa bersama. 


Adapun sambutan Ketua KPU Kab. Tabanan an. I Gede Putu Weda Sumbawa, S.E., M.M. Pada intinya menyampaikan, Ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam giat Kirab, Seperti harapan kita bersama Semoga pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar, kami berharap sampai akhir jabatan kami selaku Ketua dan komisioner lainnya semua tugas dan tanggung jawab dapat kami selesaikan dengan baik sesuai dengan Instruksi dari KPU pusat kami akan selalu melakukan Kedekatan dengan partai peserta pemilu.Kabupaten Tabanan merupakan urutan ke 7 yang menerima bendera kirab sampai tanggal 24 Agustus 2O23 dengan tujuan agar masyarakat mengetahui agenda pilkada 2024, dalam Pemilukada yang lalu Partisipasi/antusias masyarakat mencapai 87, % Kedepan kami akan selalu mempertahankan dan meningkatkan agar lebih baik lagi, dengan Support dari Pemda Tabanan dan Pihak Keamanan kami akan selalu berusaha untuk lebih semangat dan lebih baik lagi.


Sedangkan sambutan  Ketua KPU Kab. Badung Wayan Semara Cipta, A.Md.

pada intinya menyampaikan , Ucapan terimakasih kepada Tamu undangan dan KPU Tabanan yang sudah menyelenggarakan giat ini dengan luar biasa, Dengan adanya Ikon yang ada tempat ini merupakan motifasi dan cerminan bagi kita untuk berbuat dengan semangat kebersamaan, semoga rangkaian Kirab ini dapat kita dijadikan untuk sinergitas kita bersama, kami tidak bisa lepas dari dukungan dari instansi lain yang dapat menunjang kegiatan kami.


Selesai sambutan ketua KPU Kab. Badung dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi pemilu sebagai sarana Integritas bangsa yang dipimpin oleh Ketua KPU Tabanan.Deklarasi Pemilu sebagai sarana integritas bangsa* Kami Penyelenggara Pemilu dan Seluruh Pemangku Kepentingan Pemilu Menyatakan dan Berkomitmen Untuk, Mewujudkan Pemilu tahun 2024 sebagai Sarana Integritas Bangsa, Melaksanakan Pemilu tahun 2024 Secara Langsung Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil, Melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang Berintegritas dan Bertanggung Jawab Terhadap Proses dan Hasil, Mewujudkan Pemilu tahun 2024 untuk Memajukan Kesejahteraan Umum dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.


Acara dilanjutkan dengan serah terima Bendera/Penyerahan bendera Kirab dari KPU Kab. Badung kepada KPU Kab. Tabanan, penyerahan Bendera Merah Putih dan partai politik oleh Paskibraka Kab Badung kepada paskibraka Kab. Tabanan diisi pergelaran tarian Hanoman dan pergelara okokan. dan dilanjutkan dengan Pergelaran 18 Bedera partai politik yang ikut dalam pemilihan umum. Pukul 17.15 wita Penanda tanganan Berita Acara serah Terima oleh (KPU & Sekretaris). Badung dan Tabanan, Penyerahan Cendera Mata SURA & SULU dan dilanjutkan dengan Poto bersama FORKOPINDA. Tabanan.


Adapun Sambutan Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, pada intinya menyampaikan, Ucapan terimakasih kepada semua Tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan ini, Kegiatan ini merupakan Indikator Sejarah Proses Demokrasi yang kita akan laksanakan secara serentak, tujuan dari pemilu merupakan 

Partisipasi masyarakat  Tabanan merupakan yang terbaik mencapai 87 %, selaku Pimpinan Daerah menyambut baik dan ucapan terimakasih kepada Ketua KPU Tabanan atas Usaha dan tugasnya selama ini jadikan momen ini untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Adil.


Selesai sambutan Bupati Tabanan dilanjutkan dengan Pelepasan Bendera KIRAB PEMILU 2024 oleh Bupati Tabanan bersama Ketua KPU Tabanan dan didampingi pula oleh Jajaran FORKOPINDA Kab. Tabanan. selanjutnya iring-iringan Kirab Pemilu 2024 berjalan kaki Star Mulai Gedung Maria Timur - jln. Gunung Agung - jln.Gunung semeru - jln. Gajah Mada - jln. Kaswari - jln. Parkit - gedung Maria dan Pukul 18.00 wita semua rangkaian kegiatan kirab selesai berjalan aman dan lancar.


( Humas Polres Tabanan )