Giat Jumat Curhat Kapolres Tabanan Di Br. Baturiti Kaja, Kec. Baturiti Ajak Masyarakat Untuk Menjadi Polisi Bagi Diri Sendiri

18 August 2023 13:13:22 Wita | 32 views
Gambar

Sebagai program Polri untuk melaksanakan Jumat Curhat, guna mendapatkan masukan dari masyarakat untuk perbaikan Polri kedepannya. Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H.,Jumat ( 18/8/2023 )   bertempat di BOF Banjar Pekarangan, Baturiti Kaja, Ds/Kec.Baturiti, melaksanakanJumat Curhat di Br. Baturiti Kaja, Ds/Kec.Baturiti.dengan mengundang masyarakat dan Tokoh masyarakat Baturiti Kaja. 


Hadir dlm giat tersebut antara lain,  Kapolres Tabanan : AKBP Leo Dedy 

Defretes, S.H, S.I.K, M.H, Kasat Binmas Polres Tabanan, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kapolsek Baturiti, Camat Baturiti, Direktur Cleo, Bhabinsa Baturiti, Bhabinkamtibmas dan Polisi Banjar, LBH Kehutanan Bali Selatan, PDAM Tabanan, Perbekel Desa Bangli dan Baturiti, Para Tokoh Masyarakat Desa Baturiti, Kawil se-Desa Baturiti Kaja.


Adapun Sambutan Camat Baturiti  pada intinya menyampaikan Terima kasih atas Kapolres Tabanan beserta jajaran kita semua dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat pada bulan yang berbahagia ini karena bulan Agustus ini adalah bulan kemerdekaan.

Bapak-bapak sekalian yang hadir juga pendamping dari Polres Tabanan yang mendampingi Pak Kapolres kami ucapkan selamat datang. Pada kesempatan yang baik hari ini kita berkumpul di sini karena kemarin kita sudah merayakan 78 tahun kemerdekaan Indonesia. kalau kita hitung dengan umur manusia ini kan sudah dewasa sekali mudah-mudahan kita bisa mengisi hari-hari kemerdekaannya dengan tetap berjuang bersemangat untuk membangun baik di adat, Desa, Kecamatan dan juga tentu dengan kerjasama dan koordinasi dari pihak-pihak terkait terutama dari pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban kita di masing-masing wilayah hari ini mungkin kedua kali kita bertemu berkumpul kemarin kalau tidak salah hampir 2 bulan yang lalu kita sudah ada penyerahan juga bantuan berkat support dan dukungan dari bapak Kapolres sehingga rekan-rekan semeton kita yang masuk di Banjar pekarangan sudah bisa mendapatkan jalur air karena air ini adalah kebutuhan kita yang utama kebutuhan mendasar untuk kehidupan kita sehari-hari nah hari ini.

Terima kasih kepada Kapolres Tabanan yang sudah berkenan hadir pada pagi hari ini begitu juga direktur Cleo dan jajaran dari Kapolres Tabanan. Jadi pada kesempatan pagi hari ini begitu juga seperti yang sudah disampaikan oleh ibu camat dalam rangkaian 17 Agustus mungkin puji dan syukur kita sudah mengawali dengan kegiatan 17 Agustus. 


Sambutan Perbekel Baturit  pada intinya menyampaikan bahwa Desa Baturiti sudah melaksanakan 17-an luar biasa di bawah arahan ibu camat batuliti, tumben kami mempunyai ibu camat dari dulu bapak camat jadi luar biasa keberatan beliau dan itu juga memang berkat kerjasama semuanya dan tentu peran Polri dan TNI ini luar biasa bapak nah tentu ke depan artinya kami sangat berharap semoga situasi ini akan semakin baik.

Kemudian kemacetan juga luar biasa makanya ke depan mungkin terkait dengan itu tentu perlu ada antisipasi yang luar biasa Karena di balik itu semua terkait dengan program hari ini tentu kami mewakili masyarakat kami yang ada di wilayah Desa Baturiti mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Bapak Kapolres terkait dengan bantuan pipanisasi karena memang artinya dari sekian tahun bertahun-tahun bahkan kalau istilah Balinya sambutan tahun bisa mengakses air minum secara optimal kebetulan dengan program Bapak Kapolres Tabanan pada saat ini yang sudah maksimal sekali fasilitasi dengan pipanisasi ini tentu ini kami apresiasi luar biasa izinkan pada kesempatan hari ini yang mewakili masyarakat desa baturiti mengucapkan terima kasih bapak ya sebesar-besarnya hadapan bapak Kapolres Tabanan.


Sambutan Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H, S.I.K, M.H. menyampaikan Puji syukur dan terima kasih karunianya kita memperoleh kesehatan kekuatan bahkan kemakmuran dan umur yang panjang serta berkah yang boleh kita nikmati apa yang tidak pernah dilihat mata tidak pernah didengar telinga tidak pernah timbul dalam hati semua disediakan Tuhan nafas kehidupan kita hari ini yang kita boleh syukuri selalu mengucap syukur ya semakin nikmat kehidupan lagi yang boleh kita rasakan hari karena itu hari ini kita datang dengan tema yaitu jumat-curha,  jumat curhat ini adalah satu program Polri bukan hanya di Polres Tabanan tapi diselenggarakan di seluruh Indonesia ini merupakan program yang menjadi program unggulan Polri.

Bagaimana dalam kegiatan ini kami turun langsung pada masyarakat kalau dalam satu minggu satu kali berarti dengan luas wilayah tabanan yang memiliki 133 Desa dinas, 359 desa adat dan 797 Banjar Jadi kalau satu minggu sekali terlaksana setahun mungkin belum habis jadi dengan kegiatan Jumat curhat ini ada tiga hal yang kami harapkan yaitu pertama bagaimana kita mendapatkan informasi pengaduan penyampaian dari masyarakat dari warga yang kedua kita mendapatkan masukan kritik saran sepanjang mungkin, kami sebagai institusi yang terbuka untuk terus berada di tengah masyarakat dirasakan aman nyaman kita rasakan bersama kalau masyarakatnya aman-aman dan bagaimanapun kami kepolisian yang menjadikan atau diberikan amanah oleh negara khususnya di bidang itu harus benar-benar menjalankan peran ini karena kita semua memiliki peran kita masing-masing, masyarakat pun harus mengambil perannya karena di dalam amanat undang-undang dalam menjaga dalam memberikan kontribusi bagi kemanana dan yang ketiga adalah bagaimana kita membangun kolaborasi sehingga mencapai hasil dalam pertemuan kali ini kita bisa memperoleh langkah-langkah selanjutnya sehingga ada sebuah implementasi dari pertemuan jadi tiga hal itu yang menjadi poin-poin penting yang sampai jumpa curhat ini menjadi program unggulan dari POLRI dan kegiatan Jumat dilaksanakan seluruh Polres se Indonesia. 


Selesai sambutan dari Kapolres Tabanan acara Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara lain, Masyarakat Baturiti a.n I Ketut Sukrayasa menanyakan, Ada kendala masalah pipanisasi sampai sekarang belum ada realisasinya dan saya ingin tau sebesar apa bantuan yang diberikan sehingga warga kami selurunya memperoleh air.


Atas pertanyaan I Ketut Sukayasa, Kapolres Tabanan menjawab bahwa kami dari Polri bulan juli lalu kami memiliki sebuah kegiatan sosial salah satunya tentang pengadaan air bersih. Kemudian dibaturiti ini yang dibutuhkan adalah pipanisasi dengan melakukan koordinasi dengan PT Aqua dan PT Cleo kami akan mencari rekanan ditabanan agar ikut CSR dengan kami akan bersurat untuk dimohonkan bantuan dengan kekurangan pipa sepanjang 3600 M*


Pertanyaan dari I Nyoman Redita, Terkait dengan bantuan pipanisasi oleh Polres Tabanan kemudian kedepan agar rencana yang baik ini dapat dipergunakan dengan baik. Diharapkan dengan adanya bantuan ini agar dapat beroperasi dengan optimal. Kemudian dengan situasi keamanan adanya peredaran narkoba diwilayah kami dan kami berharap ada tindak lanjut dari Kepolisian dalam menangani hal tersebut.


Kapolres Menjawab terkait narkoba kami memiliki program quick wins salah satu program yaitu kampung bebas narkoba dan telah kami evaluasi untuk ditentukan kampung mana yang akan kami tetapkan. Terkait narkoba merupakan musuh kita bersama dan peran masyarakat sangat dibutuhkan oleh karena itu apabila masyarakat melihat adanya informasi terkait narkoba laporkan saja akan segera kami tindak lanjuti dan apabila ada keluarga rekan yang mengunakan narkoba akan kami rehabilitasi kemudian apabila adanya transaksi narkoba diwilayah rekan rekan sekalian kami dari polres akan menindak tegas serta memberikan edukasi kepada masyarakat, kemudian untuk kemacetan kami telah atensi titik titik kemacetan dengan menguatkan kegiatan strong point', dan tidak menutup kemungkinan polri dan masyarakat ikut bekerja sama dalam waktu tertentu dalam melaksanakan pengamanan. 


Selesai sesi tanya jawab, giat Jumat Curhat diakhiri dengan sesi foto bersama.