Kryd Dihari Libur ”anggota Bhabin Pantau Pmk Lakukan Dialogis Dengan Petani Ternak"

31 July 2022 17:19:03 Wita
Gambar

Polda Bali – Polres Tabanan – Humas, Wilayah  Kab. Tabanan dinyatakan bukan daerah hijau PMK lagi dengan ditemukannya ada 3 ternak Sapi di Desa Demung, Kec. Kediri Tabanan dinyatakan positif terjangkit PMK,.


Menyikapi wabah PMK, seijin Kapolres Tabanan melalui Kapolsek Selemadeg AKP Nikolaus Sina Ruing, SH.,, pada hari Minggu 31 Juli 2022 pukul 09.00 wita, Panit 2 Binmas Polsek Selemadeg bersama dengan anggota Bhabinkamtibmas Desa Antap dan Bhabinkamtibmas Desa Serampingan di hari lubur tetap semangat melaksanakan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan), turun langsung ke Desa Binaannya menemui petani ternak melakukan pengecekan, pemantauan dan melakukan dialogis tentang kewaspadaan dan tanda-tanda wabah PMK.


Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Antap, turun langsung melakukan pemantauan, masuk ke Desa Pedalaman, di Banjar Dinas Antap Delod Sema, Desa Antap, Kec. Selemadeg, Kab. Tabanan melakukan dialogis dengan peternak Sapi I Ketut Suarma yang memelihara 4 ekor sapi (betina), dari hasil pengecekan langsung, sapi ternak miliknya semuanya sehat dan dilogis yang dilakukan pemilik ternak memberikan keterangan:


1.  sudah cukup lama memelihara ternak sapi dan belum pernah kena penyakit, untuk saat ini ternaknya tidak ada tanda-tanda terkena wabah PMK, seperti yang disampaikan oleh  petugas Bhabin yang datang. 


2. mengetahui adanya penyakit ternak (PMK) dari Petugas Bhabin, dari menonton pemberitaan TV, juga informasi dari sesama peternak sapi. 


3.    sangat berharap petugas yang membidangi ternak memberikan suntikan Vaksin, karena sampai saat ini belum didatangi oleh petugas Peternakan, walaupun  untuk di Desa lain sudah dilakukan memberikan Vaksin PMK  yang datang langsung kekandang peternak. 


4.   akan melaporkan kepada Polisi maupun kepada petugas lainnya, bila ternaknya  mengalami tanda-tanda klinis terkena PMK, untuk antisipasi cepat, ucapnya.


Giat selanjutnya Petugas Bhabin bersama pemilik ternak melakukan penyemprotan disinvektan dilingkungan kandang, pada kesempatan tersebut Panit 2 Binmas didampingi anggota Bhabin memberikan himbauan  kepada pemilik ternak :


- pemilik ternak agar memperhatikan kebersihan kandang, berkala lakukan penyemprotan disinfektan untuk menghilangkan bibit penyakit yang ada di sekitar kandang sehingga sapi tetap sehat tidak mudah terserang penyakit , 


- Pakan ternak supaya higines, porsinya ditambah sehingga daya tahan sapi akan kuat 


- Bila ternak sapinya dipotong, agar dicarikan surat keterangan sehat dari pihak berwenang, lakukan    TAPING OUT (memotong) ternak  bila ada a tanda-tanda PMK, tutupnya.