Kapolres Tabanan Pimpin Penanaman Pohon Dalam Rangka Hut Kemerdekaan Ri Ke-78

23 August 2023 20:26:02 Wita | 44 views
Gambar

Bertempat di areal Polsek Penebel Polres Tabanan, Rabu ( 23/8/2023 ) berlangsung giat Bakti Sosial Berupa Penanaman Pohon di Indonesia Secara Serentak Dalam Rangka Hut Kemerdekaan RI Ke-78


Giat penanaman tersebut dihadiri oleh Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H.,S.I.K., M.H, Dandim 1619 Tabanan diwakilkan Kasdim, Kadis DLHK Tabanan, Wakapolres Tabanan, PJU Polres Tabanan, Ketua Bhayangkari Cab. Tabanan, beserta pengurus, Camat Penebel, Kapolsek Penebel, Danramil 1619-08 Penebel, Perbekel Desa Pitra, Ketua Pewarta Tabanan, Ketua LSM Kunti Bakti, Personil Polres Tabanan, Personil Koramil 1619-08 Penebel


Adapun sambutan Kapolres Tabanan pada intinya menyampaikan, Pada kesempatan dan hari yang baik dan penuh berkah ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Kuasa karena pada hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama di areal Polsek Penebel ini untuk menghadiri kegiatan penanaman pohon dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 ke-78. 


Kondisi perubahan iklim saat ini cukup ekstrim, terjadi sejumlah kekeringan bahkan kebakaran hutan dan lahan seperti yang terjadi di Maui, Hawai yang menewaskan lebih dari 100 orang. Demikian pula di wilayah Indonesia, juga sudah ada sebagian yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan. Saat ini aktivitas untuk menghutankan kembali melalui kegiatan penanaman pohon dan memperbanyak ruang terbuka hijau gencar dilakukan. Kapolri  salah satunya program penghijauan. Program ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Polri mempunyai komitmen yang tinggi serta program yang konsisten dalam melaksanakan upaya rehabilitasi lahan dan konservasi lingkungan kegiatan penanaman pohon dilaksanakan di Mako Polri, Asrama Polri, tanah lahan Polri yang masih gersang, sekolah-sekolah, tanah milik desa adat dan tempat lainnya berkoordinasi dengan instansi lain. 


Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengingatkan kita semua bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap bumi dimana kita hidup secara umum dan sebagai momentum bagi seluruh anggota Polri untuk bisa berkontribusi di tengah perubahan iklim global lingkungan terhadap kepedulian bahwa merupakan investasi yang akan diwariskan kepada anak cucu mendatang oleh karena itu, kegiatan penanaman yang dilakukan anggota Polri bukan sekedar seremonial dan berlangsung satu hari saja, tetapi tetap berlanjut dan tentunya kami tidak sendiri, dalam hal ini Polri Polres Tabanan melibatkan semua unsur-unsur komponen masyarakat, dari mulai teman-teman dari TNI, Pemerintah Daerah, Pewarta, LSM, serta dari seluruh komponen bangsa ikut bersama-sama menanam pohon. 


Bulan oktober sudah merupakan puncak musim hujan, selain itu masa el nino yang saat ini terjadi juga berlangsung agak lama, untuk itu diharapkan penanaman dapat menjadi investasi di masa yang akan datang terhadap perubahan iklim. Dengan menanam pohon ini, sedikit banyak meskipun kecil memberikan kontribusi pada perubahan iklim lebih baik.


Ditambahkan bahwa pada kesempatan ini, saya sampaikan bahwa jumlah tanaman yang ditanam di wilayah Hukum Polres Tabanan dan Polsek jajaran sebanyak 4.450 pohon yang terdiri atas tanaman produktif, keras dan buah-buahan diantaranya mahoni, trembesi, bungur, kelapa, durian, manggis, alpukat, jambu air dan tanaman lainnya. 

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama untuk kegiatan ini, semoga kegiatan ini mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian lingkungan apa yang kita kerjakan hari ini adalah untuk masa depan generasi muda, karena yang kita miliki ini tidak boleh dianggap sebagai warisan nenek moyang tetapi adalah sesuatu yang kita pinjam, milik generasi penerus kita.


Selesai sambutan Kapolres Tabanan dilanjutkan dengan penyerahan sembako kepada masyarakat Desa Penebel sebanyak 10 orang, Acara dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon di lingkungan Mako Polsek Penebel Polres Tabanan


Acara dilanjutkan dengan Zoom Meeting Penanaman Pohon Secara Serentak yang dipimpin oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Dengan tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”


Selesai zoom seluruh rangkaian kegiatan selesai. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. 


( Humas Polres Tabanan )