Waka Polres Tabanan Terima Tim Studi Tiru Upp Saber Pungli Kota Bandung

23 August 2023 20:50:32 Wita | 49 views
Gambar

Bertempat di Ruang Rapat Utama Polres Tabanan, Rabu ( 23/8/2023 ) berlangsung giat Studi Tiru UPP Saber Pungli Kota Bandung.


Giat Studi Tiru  UPP Saber  Pungli Kab. Bandung dihadiri oleh, Ketua Tim Pokja Pencegahan Kab. Bandung Bapak RIKI beserta rombongan 14 orang dan diterima oleh

Waka Polres Tabanan Kompol Yoga Widyatmoko, S.I.K. Selaku Ketua UPP Kab. Tabanan, Irban Investigasi I Nengah Wisnu Wardana, S.I.P. selaku sekretaris UPP Kab. Tabanan, Kasat Intelkam Polres Tabanan AKP I Nyoman Sumantara, S.H., M.H. selaku Ketua Pokja Intelijen UPP Kab. Tabanan, Panitera Muda Pidana Ni Wayan Arwati Unsur Pengadilan Negeri Tabanan, Kasiwas Polres Tabanan IPTU I Nyoman Muliarta, S.H. Bidang Administrasi Umum UPP Kab. Tabanan, Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Gusti Made Berata Bidang  Operasional dan logistik UPP Kab. Tabanan, Kanit III Sat Reskrim Polres Tabanan IPDA I Nyoman Sugiarta, S.H. selaku Wakil Ketua Pokja Yustisi UPP Kab. Tabanan, Unsur terkait tim Saber Pungli Kab. Tabanan, Serta seluruhnya yg hadir berjumlah 32 orang.


Adapun Sambutan Waka Polres Tabanan yg pd intinya membacakan sambutan Bupati Tabanan kami dari Pemkab Tabanan sangat bersyukur karena dapat menerima tim dari bandung dalam keadaan sehat dan selamat saya merasa bahagia telah dikunjungi oleh saudara saya untuk bertukar informasi terkait penindakan pungli untuk itu saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Tabanan tentunya saya juga berharap kunjungan ini bukan merupakan kunjungan terakhir kalinya di Kabupaten Tabanan, perlu diketahui bahwa Tabanan dijuluki Kota Pelangi Karena memiliki curah hujan yg cukup tinggi mengingat terletak di bawah Gunung Batu Kau dan Kab. Tabanan juga terdiri dari 10 Kecamatan, salah satu inovasi unggulan kami yaitu Nangun Sat Kerti Loka Bali menuju Tabanan Era Baru dengan singkatan AUM, berkaitan dengan penindakan Pungli di Kab. Tabanan kami telah membentuk tim Saber Pungli dengan beberapa struktur organisasi serta sesuai dengan SK yg diterbitkan oleh Bupati Tabanan.


Sedangkan Sambutan dari Ketua Tim Pokja Pencegahan Kab. Bandung pd intinya menyampaikan bahwa dalam hal ini kami hadir untuk memenuhi agenda kegiatan kami yaitu Studi Tiru Satgas Saber Pungli selain itu perlu diketahui juga bahwa saat ini kami menghadirkan seluruh tim Pokja yg ada di Kabupaten Bandung. Tentunya tujuan kami disini bentuk kegiatan UPPnya mungkin sama namun demikian kami ingin belajar banyak dengan harapan hasil Studi Tiru ini dapat kami terapkan di Kota Bandung dan tentunya dari tim kami akan banyak menanyakan beberapa hal yg berkaitan dengan penanganan/penindakan yg telah dilaksanakan oleh tim saber pungli di Kab. Tabanan.


Selanjutnya Bapak Waka Polres Tabanan memaparkan beberapa kegiatan yg telah dilaksanakan oleh Tim Siber Pungli Kab. Tabanan  diantaranya  ( Pertama ) Dasar Hukum, Peraturan Presiden No 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Keputusan Gubernur Bali Nomor 966/02-B/HK/2022 tanggal 28 Desember 2022 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Provinsi Bali, Keputusan Bupati Tabanan Nomor 180/318/02/HK/2023 tanggal 12 Januari 2023 Tentang Pembentukan Unit Pemberantasan Pungutan Liar Tahun 2023. ( Kedua ) Struktur organisasi UPP Kab. Tabanan. ( Ketiga ) Dukungan anggaran UPP Kab. Tabanan.( Keempat )  Pelaksanaan Rapat Koordinasi. ( Kelima ) Rencana Strategis UPP Kab. Tabanan. ( Keenam ) 

Hasil kegiatan dan OTT dengan cara pemasangan spanduk dan Banner guna mencegah pungli di Kabupaten Tabanan. ( Tujuh ) Kegiatan sosialiasi kepada masyarakat dalam rangka cegah pungli. ( Delapan ) Giat Lidik Pokja Intelijen dengan bentuk kegiatan melaksnakan Lidik ditempat keramaian yg rawan terjadinya pungli.( Sembilan ) Giat sosialisasi sapu bersih Pungli Pokja tindak dan yustisi kepada masyarakat dan desa adat terkait dengan pemahaman tindakan yg tergolong dalam pungli. ( Sepuluh ) Dukungan kegiatan dan anggaran UPP Tabanan. ( Sebelas ) Hasil OTT UPP Kab. Tabanan. 


Setelah pemaparan dari Bapak Waka Polres Tabanan kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada para peserta. Setelah sesi tanya jawab Ketua Pencegahan Kab. Bandung Bapak RIKI meminta agar data yg telah dipaparkan agar dikirim dan share ke  kontak dirinya untuk dipelajari lebih lanjut dan sebagai dasar dan perbandingan dalam pelaksanaan tugas tim UPP Kab. Bandung kedepannya.


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindra mata oleh Pemkab Tabanan kepada tim UPP Kab. Bandung yg dirangkaikan dengan sesi foto bersama.


( Humas Polres Tabanan )