Jumat Curhat Kapolres Tabanan Akbp Leo Dedy Defretes, S.h, S.i.k, M.h. Dengarkan Curhatan Warga

01 September 2023 16:13:20 Wita | 71 views
Gambar

Sebagai program Polri untuk melaksanakan Jumat Curhat, guna mendapatkan masukan dari masyarakat untuk perbaikan Polri kedepannya. Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H.,Jumat ( 1/9/2022 ) melaksanakan Jumat Curhat di Wantilan Desa Adat Bongan Puseh, Desa Bongan, Kec. Tabanan. 


Jumat Curhat hari ini dihadiri oleh, Kapolres Tabanan : AKBP Leo Dedy Defretes, S.H, S.I.K, M.H, Kasat Reskrim Polres Tabanan, Kasat Intelkam Polres Tabanan, Kasat Binmas Polres Tabanan, Kapolsek Tabanan, Kasi Humas Polres Tabanan, Kasi Propam Polres Tabanan, Kanit Laka Polres Tabanan, Bhabinsa Desa Bongan, Bhabinkamtibmas dan Polisi Banjar Desa Bongan, Perbekel Desa Bongan, Bendesa Adat Desa Bongan, Ketua BPD Desa Bongan, Kawil se-Desa Desa Bongan, Para Tokoh Masyarakat Desa Bongan dan Desa Adat Bongan Puseh.


Adapun Sambutan Bendesa Adat Bongan Puseh pada intinya mengucapkan terimakasih terkait dengan program Jumat Curhat dilaksanakan di Desa Adat Bongan Puseh, harapan kami program kepolisian yang akan disampaikan dapat membantu masyarakat dan bisa dijelaskan dan dosialisasikan dengan masyarakat Desa Adat Bongan Puseh.


Sambutan Perbekel Desa Bongan pada intinya menyatakan bahwa Bhabinkamtibmas di Desa Bongan sangat tanggap dan terkait polisi Banjar mohon diberikan penjelasan, menyambut baik program polisi Banjar yang langsung menurunkan petugas kepolisian ke masing - masing Banjar, kegiatan Jumat curhat sangat bagus sehingga permasalahan yang ada bisa kita sampaikan dan langsung ditanggapi oleh pihak kepolisan dan sangat mendukung program kepolisian.


Sedangkan Sambutan Kapolres Tabanan pada intinya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan program Jumat Curhat adalah untuk mendapatkan informasi langsung terkait dengan permasalahan yang ada dimasyarakat dan Polri sangat terbuka dengan masukan kritik dan saran untuk membangun institusi kepolisian dan sebagai bahan evaluasi kami dalam rangka membenahi, memperbaiki maupun meningkatkan kualitas kinerja kepolisian dengan harapan semakin dicintai dan dipercaya masyarakat. Dan kegiatan Jumat Curhat diharapkan dapat melahirkan kerjasama antara kepolisian dan masyarakat khususnya masyarakat Desa Adat Bongan Puseh dan Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.


Selesai sambutan dari Kapolres Tabanan dilanjutkan dengan sesi diskusi, Adapun Pertanyaan dari Masyarakat yaitu. 

I Made Arya Tokoh Masyarakat  Desa Adat Bongan puseh menyampaikan bangga dan senang dengan program kepolisian polisi Banjar dan masyarakat kami akan merasa lebih nyaman dan damai, beberapa kali di pura-pura Desa Adat Bongan Puseh adanya kedatangan orang - orang yang tidak bertanggung jawab semoga dengan adanya polisi banjar nantinya bisa dilakukan di Patroli pada malam hari sehingga bisa lebih kontrol guna meminimalisir dan dari masyarakat sudah memasang CCTV di pura pura. 


Jawaban dari Kapolres Tabanan, Sangat mengapresiasi dengan adanya pemasangan CCTV,  dengan adanya pemasangan CCTV diharapkan dapat menghilangkan niat pelaku untuk melakukan tindakan kriminal. kedepan diharapkan adanyabKerjasamakan dengan Polisi Banjar, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pecalang untuk melaksanakan kegiatan patroli.


Pertanyaan dari Tokoh masyarakat an. I Gusti Putu Wirya Mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan Jumat curhat agar diperjelas dengan adanya polisi Banjar, agar masyarakat tidak salah persepsi dengan keberadaan polisi Banjar sehingga koordinasi lebih jelas.


Jawaban dari  Kapolres Tabanan adalah Kerjasama dengan Polisi Banjar bisa dilakukan dalam kegiatan apapun, Polisi banjar sangat pleksibel tidak dipatok 24 jam diboperasionalkan di Banjar tersebut, karena juga melaksanakan tugas pokok kepolisian dan keberadaan polisi banjar bisa menyerap informasi yang ada dilingkungan Banjar tersebut. 


Sedangkan penanya ketiga yaitu Tokoh Masyarakat an. I Nyoman Sulendra terkait program Polisi Banjar masyarakat merasa sangat gembira, terkait dengan banyaknya penempatan tiang listrik dan tiang wifi di depan rumah warga, dengan harapan hal ini bisa ditangani.


Jawaban  dari Kapolres Tabanan adalah Agar Polisi Banjar dan Bhabinkamtibmas mengecek kelapangan, problem solving akan kami tampung, dan ditindaklanjuti.


Pertanyaan Kawil Banjar Bongan Jawa Kangin an. I Nengah Sujana menyampaikan terkait  warga pendatang yang masuk ke desa apakah masih melapor dalam 1x24 jam. Dan permasalahan rumah tangga agar bisa diselesaikan dibawah dan terkait banyaknya masyarakat Desa Bongan yang berkendara tidak memakai helm agar dimaklumi.


Jawaban dari Kapolsek Tabanan adalah terkait penduduk pendatang agar dilakukan khususnya dilingkungan Banjar, pak kawil bisa bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk melaksanakan duktang untuk menjaga keamanan dan bisa dikoordinasikan. Permasalahan cekcok rumah tangga bisa diselesaikan kalau bisa diselesaikan di bawah. 

Terkait lalu lintas di Desa Bongan dengan banyaknya tidak memakai helm, kami tetap di kepolisian tetap mengingatkan untuk memakai helm sehingga diperlukan peran serta masyarakat untuk mengingatkan masyarakat dan warganya untuk berkendaraan menggunakan helm.  


Diakhir acara Bendesa Adat Desa Adat Bongan Puseh mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Kapolres Tabanan beserta jajaran telah banyak memberikan edukasi kepada kami, mudah - mudahan kedepan apa yg menjadi atensi dan yang dilaporkan dapat segera ditindak lanjuti.


Acara Jumat  Curhat diakhiri dengan sesi foto bersama dan Selama giat berlangsung aman dan lancar.


( Humas Polres Tabanan )