Puncak Karya Usabha Dalem Desa Adat Seraya, Polsek Karangasem Gelar Pengamanan

08 May 2024 23:19:47 Wita | 36 views
Gambar

Polda Bali, Polres Karangasem, Polsek Karangasem. Dipimpin langsung Kapolsek Karangasem Kompol I Gusti Alit Putra, S.Sos.,MH., Polsek Karangasem melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu-lintas pemedek pada puncak Karya Usabha Dalem Desa Adat Seraya, Rabu (8/5). 


Personil Polsek Karangasem yang ditugaskan melaksanakan pengamanan terpantau telah menempati pos-pos persimpangan yang dilalui pemedek yang akan bersembahyang dan mengikuti prosesi puncak Karya Agung Pura Dalem Desa Adat Seraya yang jatuh pada hari ini. 


Sementara pada puncak Karya Karya Agung Pura Dalem Desa Adat Seraya diselenggarakan prosesi Memungkah, Ngenteg Linggih, Bangun Ayu, Mapadudusan Agung, Manawa Ratna dan Usaba Agung di Pura Dalem Desa Adat Seraya. Persembahyangan tersebut dipuput lima pandita  dan diikuti secara bergiliran serta terjadwal para warga Desa Adat Seraya. 


Sementara Kapolsek Karangasem Kompol I Gusti Alit Putra, S.Sos.,MH., yang ditemui saat memantau pengamanan menyatakan, untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban kegiatan masyarakat seperti halnya upacara keagamaan, Polsek Karangasem pun melaksanakan pengamanan yang menurunkan personil Polri dibantu oleh percalang dan Babinsa. 


"Pengamanan juga melibatkan para pecalang Desa Adat Seraya dan Babinsa" ungkap Kompol I Gusti Alit Putra, S.Sos.,MH., "Semua pihak dilibatkan untuk membantu pengamanan sehingga prosesi puncak upacara berjalan lancar dan aman", tambahnya. 


Kapolsek Karangasem juga menerangkan, peran dan bantuan masyarakat untuk bersama-sama Polri dalam menjaga keamanan didaerahnya masing-masing sangat penting. Oleh karena itu, sinergitas dan kerjasama antara masyarakat dan kepolisian sangat diperlukan untuk menjaga Kamtibmas tetap kondusif.