Ngerapuh Dan Melasti, Bhabinkamtibmas Bugbug Bersama Pecalang Gelar Pengamanan

16 September 2024 21:30:04 Wita | 10 views
Gambar

Polda Bali, Polres Karangasem, Polsek Karangasem. Bhabinkamtibmas Desa Bugbug Bripka I Putu Yasa bersinergi dengan Para Pecalang melaksanakan pengamanan Upacara NGerapuh dan Melasti Desa Adat Bugbug, Senin (16/9). 


Upacara Ngerapuh dan Melasti merupakan upacara pembersihan setelah upacara Ngaben digelar Desa Adat Bugbug untuk mensucikan kembali wilayah desa dengan rangkaian upacara ke Pantai Selatan Desa Bugbug. 


Bhabinkamtibmas pun terpantau bersama para pecalang melaksanakan pengaturan lalu-lintas pada persimpangan yang dilalui iring-iringan warga yang akan mengikuti rangkaian upacara.


Sementara Kapolsek Karangasem Kompol I Gusti Alit Putra, S.Sos.,MH., yang ditemui saat memantau pengamanan menyatakan, untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban kegiatan masyarakat seperti halnya upacara keagamaan, Polsek Karangasem pun melaksanakan pengamanan yang menurunkan personil Polri dibantu oleh percalang. 


"Semua pihak dilibatkan untuk membantu pengamanan sehingga prosesi upacara berjalan lancar dan aman" ungkap Kompol I Gusti Alit Putra, S.Sos.,MH., "Terpantau prosesi upacara berjalan lancar dan tertib", tambahnya. 


Kapolsek Karangasem juga menerangkan, peran dan bantuan masyarakat untuk bersama-sama Polri dalam menjaga keamanan didaerahnya masing-masing sangat penting. Oleh karena itu, sinergitas dan kerjasama antara masyarakat dan kepolisian sangat diperlukan untuk menjaga Kamtibmas tetap kondusif.